Pasar Persaingan Sempurna
2.1 Struktur dan karakteristik Pasar Persaingan Sempurna. A. Struktur Pasar Persaingan Sempurna Dalam pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehinga tidak mampu mempengaruhi pasar. Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu: • Semua perusahaan memproduksi barang yang homogeny (homogenitas product) Produk yang homogen adalah produk yang mampu member kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya. • Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi sempurna (perfect knowledge) Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual sehingga konsumen tidak akan mengelami perlakuan harga jual yang berbeda dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. • Output sebuah pe...